Mesin Cuci Bukaan Depan

Tips Bijak Memakai Mesin Cuci Bukaan Depan Agar Tak Mudah Rusak

Baru beli mesin cuci bukaan depan atau front loading? Tak dipungkiri perangkat elektronik ini mempunyai tampilan simpel mengesankan dengan fitur-fitur terbaik untuk memudahkan pekerjaan. Kendati demikian, Anda harus memperhatikan hal-hal tertentu dalam penggunaan mesin cuci agar hasilnya memuaskan, sementara perangkat tak mudah rusak.

  • Jumlah air yang dipakai

Dibandingkan mesin cuci bukaan atas (top loading), versi front loading dikenal akan kelebihannya dalam menghemat air, yakni rata-rata 49 liter dalam sekali pemakaian. Kecepatan tinggi pada putaran akan membantu mengekstrasi air, sehingga pengeringan juga lebih singkat.

Bagaimana bisa? Rupanya mesin akan menambahkan sedikit air di bawah ketinggian pintu saat pakaian sudah dimasukkan. Lalu, mesin akan menyemprotkannya lagi saat air diserap pakaian.

  • Cara memasukkan pakaian

Mesin cuci front loading harus Anda isi berdasarkan jumlah ruang yang dipakai dalam tabung. Jadi, pastikan pakaian dimasukkan ke tabung secara longgar dan sesuai kapasitas. Perhatikan juga detail seperti menutup resleting, menautkan kait, dan mengecek isi saku.

Sementara saat memasukkan pakaian secara sembarangan ke mesin cuci bukaan depan akan memicu sejumlah masalah. Sebut saja bunyi bising, getaran keras, hingga komponen aus.

  • Jenis dan takaran detergen

Mengingat jumlah air yang digunakan sedikit, Anda dapat menghemat pemakaian detergen. Selain itu, perhatikan jenisnya untuk menjaga kualitas pakaian dan reaksi pada pemakainya. Misalnya untuk anak-anak, pakai detergen yang mempunyai label berlogo HE menghasilkan sedikit busa.

Perhatikan juga aturan pemakaian pemutih dan pelembut. Baca baik-baik anjuran penggunaan untuk mencegah kerusakan pakaian.

  • Mengatasi risiko bau apek

Beberapa orang kerap mengeluhkan munculnya bau apek setelah beberapa bulan menggunakan mesin cuci. Faktor penyebabnya beragam. Dari kadar air dan deterjen kurang tepat hingga jarang merawat perangkat elektronik tersebut.

Jika dibiarkan terlalu lama, bau apek akan menyebar ke cucian lain. Anda yang menyadarinya sejak dini sebaiknya segera melakukan penanganan yang sesuai.

Mudah-mudahan Anda dapat menggunakan mesin cuci bukaan depan untuk membersihkan pakaian secara bijak setelah membaca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.