sandwich sedang dipanggang diatas griddle

Perbandingan Griddle Electric Dan Griddle Gas

Griddle adalah alat memasak yang terdiri dari permukaan datar luas yang dipanaskan oleh gas, listrik, kayu, atau batu bara. Sebuah griddle dapat terdiri dari baja krom, aluminium, atau baja karbon. Sebagian besar griddle kelas komersial terbuat dari baja A36, meskipun beberapa terbuat dari baja tahan karat atau komposit dari baja tahan karat dan aluminium. Hampir semua griddle perumahan dan komersial dipanaskan secara langsung atau tidak langsung menggunakan api atau elemen listrik.

Berdasarkan penggunaan atau sumber panas yang dihasilkan, ada dua jenis griddle, yaitu griddle gas dan griddle electric. Berikut penjelasannya:

  1. Griddle Gas

Karena ketersediaan gas alam dan propana yang terjangkau dalam kondisi industri memasak, griddle gas sejauh ini merupakan yang paling umum, dan dipilih karena pemanasannya yang lebih cepat dan suhu yang lebih konstan. Karena lapisan gas panas menutupi seluruh permukaan pelat bawah, pembakar gas cenderung memanaskan pelat secara lebih merata. griddle biasanya menggunakan ukuran linier 25 hingga 30 kilowatt per meter (25.000 hingga 30.000 BTU/h/ft).

  1. Griddle Electric

Untuk meningkatkan perpindahan panas antara komponen yang dipasang di bawah dan permukaan memasak, griddle electric biasanya terbuat dari bahan pelat yang lebih tipis daripada griddle gas yang sebanding. Elemen yang digunakan untuk memanaskan griddle umumnya memiliki ukuran linier 13 hingga 16 kilowatt per meter (4 hingga 5 kW/ft) dan dibuat dari batang bundar yang dibungkus dengan bahan yang sesuai seperti incoloy, dengan bentuk yang dioptimalkan untuk memaksimalkan dispersi suhu di seluruh pelat.

Bagian-bagian bundar dipertahankan pada posisinya dengan braket atau pelat penjepit serta titik kontak tangensial dengan pelat griddle. Merupakan hal yang biasa untuk sebuah griddle memiliki lebih dari satu elemen per kaki linier, dan rangkaian komponen ini diperlukan untuk memanaskan pelat wajan dengan lebar tertentu. griddle electric seringkali lebih murah daripada griddle gas yang sebanding, karena ketebalan pelat yang berkurang, tetapi juga karena biaya keseluruhan konstruksi yang lebih rendah dan kerumitan yang lebih rendah dari sebagian besar sistem manajemen griddle electric.

Keuntungan dari griddle electric adalah kesederhanaan relatif sistem yang cenderung membatasi kegagalan dan membuat griddle lebih awet. Karena lokasi geografis tertentu memiliki perpaduan antara harga gas alam yang lebih tinggi dan harga listrik yang lebih rendah, yang dapat membuat peralatan listrik menjadi pilihan yang lebih hemat biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.