bentuk atap

Kelebihan Konstruksi Atap dari Besi CNP

Besi CNP adalah salah satu pilihan untuk membuat struktur atap yang tidak kalah kuat. Layaknya material bangunan lainnya, besi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan saat dijadikan struktur bangunan. 

Anda harus bisa mempertimbangkan material ini sesuai jenis gedung atau rumah yang ingin dibangun. Besi ini telah berbentuk huruf C, jadi sering dikenal dengan kanal atau profil C di dunia konstruksi. 

Mengenal dan Keunggulan Besi CNP

Bahannya terbuat dari plat coil yang telah dibentuk dengan metode pemotongan (cutting) berbentuk huruf C. Material ini telah tersedia dalam berbagai ketebalan dan tipe di pasaran, mulai dari 1,6 mm sampai 2 mm.

Pemakaian besi kanal CNP sebagai salah satu konstruksi atap lazim ditemukan di proyek pembangunan gedung atau rumah. Tidak hanya atap saja, besi CNP juga telah digunakan saat pembuatan rangka kanopi. 

Alasan utama orang memilih Besi CNP sebagai salah satu rangka atap yaitu kekuatan dan sifat tahan lamanya. Akan tetapi, ada kelebihan lain yang akan membuat besi CNP lebih unggul ketimbang dengan material lainnya.

  1. Memiliki Kelenturan yang Tinggi

Pembangunan konstruksi atap wajib sekali memperhatikan kelenturan bahannya. Alasannya karena kelenturan bahan dapat mempengaruhi tegangan tarik atap agar menyerap energi yang lebih banyak lagi.

Besi CNP ini sudah mempunyai sebuah tegangan tarik yang lebih besar dibandingkan baja konvensional. Jadi material ini bisa langsung menyerap beban atap yang lebih banyak.

  1. Proses Pemasangannya lebih Mudah

Besi kanal CNP ini mempunyai bobot yang lebih ringan ketimbang baja konvensional. Bobot yang ringan ini juga telah membuat besi CNP mudah dipotong dan dirangkai membentuk struktur atap. 

Anda dapat langsung membuat konstruksi atap besi CNP sendiri tanpa bantuan tukang. Hal ini tentunya karena paham dengan langkah pembuatannya.

  1. Dapat Dibuat Variasi Bentuk Atap

Bobot besi kanal CNP yang lebih ringan membuatnya fleksibel serta mudah dibentuk. Anda juga dapat merancang bentuk konstruksi atap yang diinginkan hanya dengan material ini. Hanya saja, bentuk rangka atapnya harus bisa sesuai dengan beban yang telah ditumpu agar tidak mudah roboh.

  1. Hemat dan Bisa Didaur Ulang

Besi kanal CNP bersifat serbaguna, jadi bisa digunakan untuk membangun struktur atau bagian bangunan lainnya. Anda dapat langsung memanfaatkan sisa potongan besi CNP untuk bisa langsung membangun pagar atau railing tangga. 

Material ini juga bermanfaat dan berguna untuk bisa membangun rangka furnitur bertema industrialis. Itu saja beberapa kelebihan yang berasal dari konstruksi atap besi CNP yang bisa langsung Anda dijadikan panduan. Besi CNP termasuk salah satu material yang mulai sering digunakan dan banyak orang untuk membangun atap rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.