maklon

Jasa Pengurusan Hak Paten Kosmetik untuk Produk Anda

Bisnis kosmetik saat ini berkembang sangat pesat, sudah mulai bermunculan brand-brand lokal dengan berbagai inovasi yang pastinya memenuhi kebutuhan konsumen akan kosmetik. Sebagai pebisnis kosmetik, tentu ada banyak hal yang perlu disiapkan, salah satunya adalah hak paten, akan lebih mudah jika Anda menggunakan jasa pengurusan hak paten kosmetik.

Hak Paten Produk Kosmetik 

Seperti yang Anda ketahui, untuk bisa memproduksi dan memasarkan produk kosmetik ke masyarakat, produk tersebut harus sudah memiliki legalitas, lulus uji BPOM dan juga memiliki sertifikat halal. Selain itu, produk kosmetik Anda juga harus sudah didaftarkan hak patennya atau HKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Pendaftaran HKI ini memang memerlukan proses yang cukup panjang, tetapi jika Anda sudah mengurusnya dari awal produk diluncurkan, HKI dapat memberikan perlindungan agar produk tidak diplagiasi oleh perusahaan lain atau competitor, pemilik modal besar, serta pembajak produk kosmetik.

Agar proses pendaftaran hak paten ini tidak terlalu memberatkan Anda, maka gunakan saja jasa pengurusan hak paten kosmetik, Anda hanya perlu menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan.

Merk yang Tidak Bisa Didaftarkan

Sebelum Anda memulai proses pendaftaran hak paten, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu syarat-syarat yang harus dipenuhi, dan pastikan produk kosmetik Anda tidak termasuk dalam merk yang tidak bisa didaftarkan. Beberapa kriteria merk produk yang tidak bisa didaftarkan diantaranya adalah,

  1. Merk bertentangan dengan ideologi negara dan peraturan perundang-undangan, serta tidak sejalan dengan moralitas, kesusilaan, nilai keagamaan, dan ketertiban umum.
  2. Ada unsur yang dapat menyesatkan masyarakat, hal ini berkaitan dengan kualitas, jenis, asal, ukuran, dan lainnya.
  3. Berisi keterangan yang keliru terkait kualitas, kondisi, dan khasiat dari suatu produk kosmetik.
  4. Merk tidak memiliki sesuatu yang bisa membedakan dengan merk atau produk yang sudah dipatenkan, atau dengan lambang milik umum.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mendaftarkan hak paten dari produk atau merk kosmetik. Jangan lupa gunakan jasa pengurusan hak paten kosmetik agar semua prosesnya tidak memberatkan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.