yuk kenali baja ringan kanal u dan c

Kenali Baja Ringan Kanal U Yang Sesuai Kebutuhan Anda

Bagi mereka yang bergerak di dunia konstruksi bangunan pasti sangat familiar dengan baja ringan kanal U. Namun disamping itu kita juga mengenal kanal C. Sepintas seperti memiliki kemiripan, namun ada perbedaan diantara keduanya. Yuk intip ulasan seputar perbedaan kanal U dan C:

  • Fungsi kanal U

Kanal U memiliki fungsi salah satunya adalah sebagai penutup atap. Dari bentuknya, kanal U dapat melindungi bagian lain dari atap. Kanal U akan diletakkan pada bagian ujung atap karena fungsinya yang dapat menutupi atap pada bagian atas.

Atap yang menggunakan kanal U akan lebih kuat dan maksimal dalam melindungi atap dari benturan dan goncangan seperti gempa dan lainnya. Karena biasanya kanal U memang digunakan untuk melindungi bagian lain dari bangunan.

Untuk bagian atap, maka kanal U bisa digunakan untuk jenis atap apa saja. Seperti atap seng, atap kaca maupun atap genteng. Disamping itu kanal U juga bisa diaplikasikan pada atap beton yang biasanya atap beton bisa kita jumpai pada gudang tertentu

Baja ringan kanal U juga bisa difungsikan sebagai penopang meski pada jembatan yang kecil saja. Kanal U dapat menopang beban beton dengan maksimal. Meski tidak diperuntukkan pada jembatan besar, namun kanal U sangat kuat dalam menahan beban jembatan kecil seperti yang banyak kita jumpai di kampung-kampung. Banyak dijumpai jembatan di kampung-kampung yang bertahan lama karena menggunakan kanal U sebagai penopangnya, membuat jembatan tidak cepat rusak dan bertahan lebih lama.

Kanal U juga biasanya digunakan untuk memaksimalkan fungsi saluran pada air. Saluran air dengan desain dibawah jalan, akan lebih aman jika menggunakan kanal U. Sebagai penutup pada bagian atas saluran, maka kanal U memberikan kekuatan seperti pada saluran air untuk sawah, saluran air bagi kebutuhan sehari-hari seperti di perumahan, juga saluran air bagi SPBU.

  • Lebih bisa perkuat saluran air

Saluran air yang biasanya berada di bawah jalan utama juga sering menggunakan besi UNP untuk lebih memberikan kekuatan untuk penutup bagian atasnya. Saluran air paling sering menggunakan besi ini adalah drainase untuk sawah, saluran air untuk pom bensin, dan juga saluran air bersih. 

  • Fungsi kanal C

Baja ringan kanal C biasanya digunakan dalam pembuatan pagar karena kanal C merupakan besi yang sangat kokoh serta bentuknya yang tinggi sehingga sesuai dengan kebutuhan dan fungsi sebuah pagar sebagai pengaman. Dalam pembuatan pagar yang tinggi biasanya kanal C akan menjadi pilihan banyak orang.

Kanal C juga biasa digunakan sebagai balok untuk dudukan atap karena kanal C jika digunakan sebagai purlin yang kokoh dan dapat menopang benda berat diatasnya.

Baja ringan kanal U yang akan anda gunakan dapat dipastikan akan mendukung kekuatan bangunan anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.