Selain Harga Genset Silent, Ini Hal Lain yang Perlu Anda Perhatikan!

Hal yang pertama kali dicari ketika ingin membeli genset silent adalah harga, hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Tapi selain tentang harga genset silent, sebenarnya masih ada beberapa hal penting lain, yang juga perlu Anda perhatikan, agar sesuai kebutuhan, seperti :  

  1. Cek kebutuhan listrik

Pertama tama, cek kebutuhan listrik yang ada di tempat Anda. Kali ini, Anda dapat menghitung semua daya alat alat elektronik yang akan digunakan, seperti lampu, dan aneka alat elektronik lainya

Dengan adanya perhitungan seperti ini, maka ketika listrik utama mati, maka kebutuhan listrik tetap terpenuhi dengan baik.   

  1. Sesuaikan dengan daya listrik

Adapun proses perhitungan daya listrik sendiri tidak harus selalu akurat. Akan lebih baik, jika lebih. Terutama untuk daya genset sendiri, idealnya mempunyai kapasitas lebih besar 10% dari total kebutuhan listrik itu sendiri.

Tujuannya, tidak lain untuk mengantisipasi kelebihan beban listrik. Bahkan akan lebih baik, jika daya genset yang akan Anda gunakan lebih besar sekitar 20% hingga 30% dari kebutuhan utama.

Cek juga ukuran KVA pada genset, konversikan angka KVA ke Watt. Dimana acuan 1 KVA yaitu sekitar 0,8 kw, atau sekitar 800 watt.  

  1. Berat genset

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah berat genset silent itu sendiri. Genset silent yang ringan, namun mempunyai daya yang besar, biasanya harga yang ditawarkan cenderung lebih mahal, ketimbang harga genset silent  umumnya.

Untuk mengatasinya, jika Anda ingin membeli genset silent, yang ukurannya besar dan berat, ada baiknya jika genset tersebut sudah dilengkapi dengan roda. Sehingga memudahkan Anda untuk memindahkan genset tersebut.  

  1. Jenis mesin

Cek juga bagaimana spesifikasi dari genset tersebut, misalnya tentang mesin, kemampuan mesin dalam kondisi suhu panas, suku cadang genset dan yang lainnya. Sehingga ketika mesin mengalami kerusakan, Anda tidak akan kebingungan mencari suku cadang dari mesin tersebut.

  1. Bahan bakar yang digunakan

Yang terakhir adalah bahan bakar dari genset tersebut. Pilih genset silent yang menggunakan bahan bakar mudah ditemukan, terutama di sekitar tempat tinggal Anda.

  1. Harga genset silent

Untuk kisaran harga genset silent sendiri cukup beragam, mulai dari yang paling murah, sekitar 1,7 jutaan rupiah hingga yang ratusan juta rupiah.

Jadi bagi Anda yang memang tertarik ingin membeli genset silent. Seperti yang dijelaskan di atas, tidak hanya harga genset silent, yang perlu diperhatikan, namun ada beberapa aspek lain yang perlu diperhatikan dengan baik.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.