Kekurangan Triplek Yang Sebaiknya Diketahui Sebelum Belanja di Distributor Triplek Jakarta

Triplek merupakan salah satu material bangunan yang sangat lazim digunakan. Ada beragam tipe dan spesifikasi triplek yang bisa diperoleh melalui distributor triplek Jakarta terpercaya. Meski banyak dipakai karena berbagai kelebihan yang dimiliki, triplek ternyata juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan.

Tidak Cocok Untuk Kebutuhan Luar Ruangan

Mengenal kekurangan serta kelemahan triplek dapat menjadi pertimbangan dalam menggunakan material tersebut. Pengetahuan mengenai kekurangan triplek juga bisa digunakan sebagai referensi mengenai cara – cara untuk menutup atau mengantisipasi kekurangan – kekurangan tersebut. Berikut ini beberapa kekurangan material triplek yang sebaiknya diketahui.

Kekurangan yang paling terasa dari bahan triplek adalah mudah rusak ketika digunakan untuk kebutuhan luar ruangan. Paparan sinar matahari dan hujan akan membuat papan triplek lebih cepat rusak. Hal ini disebabkan karena papan triplek terbuat dari lembaran tipis kayu yang dibuat berlapis dan dilekatkan dengan bantuan lem dan metode tekanan.

Mudah Patah

Sifat lain yang membuat penanganan terhadap material triplek harus lebih hati – hati adalah sifatnya yang mudah patah, terutama untuk papan triplek yang tipis. Hal ini disebabkan karena papan triplek terbuat dari lapisan – lapisan kayu tipis yang direkatkan dan tidak sepenuhnya solid seperti papan kayu.

Risiko Berubah Bentuk

Penggunaan papan triplek yang berukuran besar akan memiliki risiko menjadi bergelombang atau tidak lagi presisi seiring berjalannya waktu. Hal ini disebabkan karena triplek memiliki sifat lebih mudah memuai atau menyusut akibat perubahan suhu dan kelembaban. Untuk kebutuhan panel yang panjang atau besar, sebaiknya menghindari penggunaan bahan triplek dan jika akan memakai papan kayu lapis dapat memilih jenis blockboard.

Kekuatan Yang Kurang Baik

Harga triplek yang murah memang berbanding terbalik dengan kekuatan yang dimiliki. Harga triplek jauh lebih murah jika dibandingkan dengan papan kayu solid, tetapi kekuatannya juga di bawah papan kayu yang solid. Pertimbangkan faktor harga, kebutuhan dan rencana penggunaan sebelum membeli material di distributor triplek Jakarta.

Kebutuhan Pengerjaan Yang Teliti Dalam Pemotongan

Pengerjaan material triplek umumnya membutuhkan ketelitian dalam hal pemotongan agar memberikan hasil potongan yang presisi dan rapi. Penggunaan alat yang kurang baik berupa gergaji yang kurang tajam dapat menyebabkan potongan tidak rapi karena serat kayu yang tidak terpotong sempurna, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan potongan triplek menjadi tidak lurus atau belok bergelombang.

Lem Triplek Dianggap Kurang Ramah Lingkungan

Pada proses pembuatannya, pengeleman lapisan demi lapisan triplek menggunakan perekat lem yang dianggap kurang ramah lingkungan. Hal ini seringkali menjadi alasan konsumen mempertanyakan aspek kesehatan penggunaan triplek untuk kebutuhan dalam ruangan.

Itulah beberapa kekurangan triplek yang sebaiknya diketahui oleh calon konsumen. Terdapat banyak pilihan jenis dan spesifikasi material yang bisa diperoleh dari distributor triplek Jakarta untuk berbagai kebutuhan konstruksi dan pembangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.