jasa cetak banner

Hal yang Harus Diperhatikan jika Cetak Banner Berukuran Besar

Ada beberapa hal yang dibutuhkan untuk jasa cetak banner berukuran besar. Desain yang dicetak dalam ukuran kecil tentunya prosedurnya berbeda. Ini masuk akal mengingat banner biasanya digantung di bangunan yang tinggi atau di lokasi yang cukup jelas dan terlihat di seluruh kota. Hal ini memerlukan trik tersendiri agar mudah terlihat serta terbaca.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Cetak Banner pada Jasa Cetak Banner

Orang mungkin tidak tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang isi banner jika gambar di banner pecah akibat ukurannya yang besar. Namun, jika warnanya tepat dan tidak pecah, banyak orang yang akan tertarik dan melihatnya. Berikut adalah hal-hal yang perlu kalian perhatikan sebelum mencetak banner pada jasa cetak banner berukuran besar.

  1. Font dan Desain

Tulisan tidak selamanya menjadi hal wajib dalam desain jika tujuannya adalah dicetak dengan ukuran besar. Jika diperlukan seperti banner iklan atau promosi lainnya, tulisannya pun harus seminim mungkin dan dengan font yang besar agar informasinya jelas dan sesuaikan juga dengan desain. Jika tulisan terlalu kecil orang-orang mungkin tidak bisa melihatnya dengan jelas dan cenderung memilih untuk tidak melihatnya.

Beri jarak juga antara teks dan gambar agar lebih menarik serta gunakan font yang sederhana agar mudah dibaca. Jangan terlalu banyak menggunakan font yang berbeda, cukup 2 sampai 3 jenis font saja. Saat mendesain jangan terpaku pada space kosong, desain yang minimalis itu terbilang lebih menarik dan tidak membosankan dan lebih to-the-point.

  1. Format yang Digunakan pada Desain Banner

Hal pertama yang sangat penting dalam mendesain banner adalah menentukan jenis atau format file yang akan dikirim dan di cetak. Jika kalian menggunakan aplikasi desain yang umum, format yang paling cocok adalah format vector. Banyak pilihan format file yang bisa kita gunakan, namun tidak semuanya cocok untuk keperluan cetak banner. Di beberapa aplikasi desain terkenal, file bisa disimpan dalam bentuk PDF, CDR atau EPS. Saat hendak menyimpan, pastikan kualitas gambar serta resolusinya tinggi atau sesuaikan dengan keperluan guna menghindari pecahnya gambar/desain.

  1. Menggunakan Format Warna CMYK

Format warna CMYK sudah sangat umum digunakan dalam dunia percetakan. CMYK sendiri adalah singkatan dari 4 warna, yaitu Cyan, Magenta, Yellow, dan Key (black). Baik itu printer rumahan ataupun mesin printing digital, format warna CMYK sangat mudah dikenali oleh perangkat printer. Dengan demikian hasil cetak banner akan menghasilkan warna yang akurat untuk grafik ataupun foto.

  1. Pilih Percetakan Terbaik

Pemilihan tempat cetak banner menjadi hal yang sangat penting agar mendapat hasil cetak yang bagus. Hasil cetak yang bagus tidak selalu datang dari alat yang bagus. Hal yang menjadi penentu adalah kemampuan dalam mendesain serta kemampuan menggunakan mesin percetakan, lebih gampangnya kita sebut saja SDM. Pastikan tempat percetakan pilihan kalian memiliki SDM yang tinggi di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.