Sejarah Pembuatan Kopi Espresso Hingga Memakai Mesin Modern Astoria Machine Espresso

Espresso merupakan salah satu jenis kopi yang terbilang klasik karena memiliki rasa yang otentik berdasar jenis kopi yang digunakan. Kini kopi espresso bisa dinikmati dengan cara mudah berkat mesin kopi seperti astoria machine espresso yang praktis.

Sejarah Kopi Espresso

Membuat kopi atau brewing merupakan sebuah seni yang unik. Teknik pembuatan kopi espresso pertama kali muncul di Italia, tepatnya di kota Milan pada awal abad 20. Teknik pembuatan espresso ini muncul setelah ditemukannya mesin pembuat kopi yang memadukan teknik uap dengan air mendidih yang dialirkan melalui bubuk kopi.

Inilah cikal bakal mesin espresso seperti astoria machine espresso yang bisa ditemukan dengan sangat mudah pada saat ini. Mesin kopi espresso tersebut pertama kali dibuat tahun 1901 oleh Luigi Bezzera. Hak paten atas mesin tersebut kemudian dibeli Desiderio Pavoni yang kemudian mulai membuat mesin pembuat kopi espresso sejak tahun 1903.

Bezzera memiliki ide membuat mesin pembuat kopi cepat atau espresso karena merasa proses membuat kopi yang saat itu lazim dilakukan membutuhkan waktu yang terlalu lama. Mesin kopi espresso memungkinkan pembuatan minuman kopi cepat dengan waktu kurang dari 5 menit.

Mengenal Kopi Espresso

Kopi espresso dibuat dengan cara melakukan ekstraksi dari biji kopi yang sebelumnya sudah digiling. Ekstraksi untuk membuat espresso ini dilakukan dengan menggunakan air panas bertekanan tinggi.

Proses pembuatan minuman kopi tersebut memungkinkan konsumen untuk merasakan kekayaan rasa kopi yang terdiri lebih dari 600 kmponen zat kimia. Proses pembuatan espresso juga menghasilkan crema, yaitu busa kopi dengan warna keemasan yang terdiri dari gula, protein dan minyak.

Standar pembuatan espresso dengan astoria machine espresso ataupun mesin lain umumnya akan menggunakan air kurang lebih 45 mililiter dengan suhu 90 °C yang disemburkan pada 7 hingga 9 gram bubuk kopi dengan tekanan sekitar 9 atmosfer.

Proses tersebut memungkinkan kopi menghasilkan rasa yang unik dan otentik berdasarkan kandungan kafein, gula, protein, koloid hingga emulsi minyak kopi. Espresso memperoleh namanya dari proses yang express atau cepat. Nama ini berasal dari bahasa Italia tempat proses menyajikan kopi ini pertama kali dikembangkan.

Mesin kopi espresso saat ini bekerja dengan mekanisme yang serupa dengan mesin buatan Luigi Bezzera yang disempurnakan. Mesin Bezzera memiliki kelemahan berupa efek rasa dan aroma gosong karena memakai uap dan air mendidih.

Mekanisme tersebut kemudian diperbaiki oleh Cremonesi pada tahun 1938 yang menambahkan tuas piston untuk menekan bubuk kopi ketika air panas dituangkan. Mekanisme ini kemudian diadaptasi oleh mesin espresso modern seperti astoria machine espresso sehingga menghasilkan rasa kopi yang bebas dari rasa serta aroma gosong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.