baja

Jenis-Jenis Holo Baja Ringan yang Perlu Anda Ketahui!

Bukan hanya teknologi saja yang berkembang, bidang konstruksi pun sama. Jika pembangunan dulu selalu menggunakan kayu sebagai materialnya, saat ini bangunan mulai mengaplikasikan besi holo, biasanya digunakan untuk aksesori bangunan seperti pagar rolling, pintu gerbang, atap kanopi, dan masih banyak lagi. Ada beberapa macam ukuran besi holo, mulai dari 2×4 hingga 4×4 dengan berbagai macam jenisnya. Berikut ini jenis-jenis holo merk baja ringan yang ingin Anda ketahui, simak penjelasan selengkapnya:

  1. Jenis besi holo

Besi holo merk baja ringan ini merupakan besi yang berbentuk pipa panjang dan berongga dengan penampang yang memiliki bentuk segi empat, sehingga seringkali disebut dengan pipa kotak. Besi holo ini mempunyai nama yang sebenarnya yakni hollow structural section, sering juga disebut hollow structural steel. Jenis besi hollow structural section ini mempunyai penampang yang berbentuk elips, lingkaran, persegi panjang, dan bujur sangkar. Adapun besi holo ini mempunyai 3 jenis yang seringkali digunakan dalam konstruksi bangunan. Model utama besi holo gypsum yang merupakan material bangunan yang paling banyak diminati, karena sifatnya yang tahan lama dan kokoh. Besi holo gypsum ini seringkali digunakan dalam pembuatan kerangka plafon untuk bangunan gedung ataupun rumah. Besi holo jenis ini sangat ringan, kokoh, dan jauh lebih bagus kualitasnya dibanding kayu. Selain itu, material holo terjamin aman, karena tidak akan dimakan rayap. 

Jenis holo yang kedua adalah holo galvanis, besi cukup mudah mengalami korosi jika terpotong ataupun bergesekan dengan material yang lain. Penyebabnya besi holo galvanis ini sangat rentan dengan korosi, hal ini disebabkan oleh komposisi bahan merupakan buatan sendiri. Kandungan unsur yang sangat banyak yakni coating zinc atau besi yang berjumlah 97 %, coating alumuniumnya sebesar 1 %, dan unsur-unsur yang lainnya. Dalam pemakaiannya, besi holo galvanis ini membutuhkan lapisan anti karat juga jenis cat yang berkualitas tinggi. Dengan begitu, besi ini akan tahan lama terhadap cuaca apapun. Ukuran tebalnya sekitar 0,3 sampai 0,5 cm dengan tampilan besi yang rapi. Jenis holo selanjutnya, holo merk baja ringan yang diklaim sebagai jenis besi paling bagus. Hal ini disebabkan oleh komposisi dari bahan pembuatan besi yang memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding jenis besi holo lainnya. 

  1. Kelebihan holo baja ringan

Besi holo baja ringan ini menggunakan bahan galvalum yang mempunyai kandungan unsur 1,5 %, lapisan silicon 43,5% unsur besi, dan unsur coating Sebesar 55 %. Dengan kandungan unsur besi dan juga alumunium.tinggi, maka besi jenis sering dikenal dengan sebutan zinc aluminium. Holo yang menggunakan bahan galvalum akan memiliki kualitas tinggi, seperti sifatnya yang ringan dan tipis, dengan kekuatan yang tentunya jauh lebih tinggi dibanding baja konvensional. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.