jasa print buku

2 Cara Untuk Print Buku Atau Cetak Booklet

Suatu file PDF bisa Anda cetak dengan metode jasa print buku atau menjadi sebuah booklet. Kehadiran file dalam format PDF ini telah memberikan kemudahan dalam mencari referensi bacaan dengan bentuknya yang bisa dibaca dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Meskipun begitu bagi beberapa orang masih memilih untuk membaca referensi dalam bentuk hard file seperti buku.

Beberapa orang akan memilih print buku dari yang mulanya berbentuk PDF. Print tersebut dilakukan secara bolak balik seperti buku pada umumnya sehingga akan menghemat pengeluaran kertas. Tak semua orang mengerti cara untuk melakukan print bolak balik tersebut. Berikut akan dijelaskan mengenai cara untuk melakukan print bolak balik seperti buku atau booklet.

Cara untuk print buku atau cetak Booklet

Booklets adalah suatu cara mencetak dengan menghasilkan 4 halaman di setiap lembarnya. Saat dilipat, cetakan yang dihasilkan akan memunculkan lembaran seperti buku. Terdapat 2 cara untuk mencetak booklet yaitu dengan menggunakan cara langsung atau otomatis dan manual. Cara yang harus dipilih harus disesuaikan dengan kemampuan printer Anda.

Metode otomatis print buku atau booklet dapat dilakukan bila printer Anda mempunyai kemampuan dalam mencetak 2 sisi sekaligus. Namun bila printer Anda belum cukup kompatibel untuk melakukan hal tersebut dan hanya mampu mencetak dalam satu sisi saja maka Anda hanya bisa melakukan cetak manual dan perlu membalik kertas terlebih dahulu.

Terdapat 2 metode berbeda yang bisa Anda lakukan yaitu melalui Acrobat Reader yang merupakan aplikasi PDF dan Anda juga bisa print buku atau booklet melalui Microsoft Office Word. Kedua metode tersebut kurang lebih sama dengan langkah yang hampir sama juga. Namun dalam mencetak booklet melalui Microsoft Office Word terdapat sedikit perbedaan, Anda harus melakukan perubahan pengaturan terlebih dahulu. Hal yang harus diatur seperti mengatur ukuran kertas dan margin dengan mengklik page layout dan pilih margin. Orientasi kertas diubah dalam bentuk landscape agar seperti buku dan mengganti pengaturan halaman multiple pages menjadi book fold.

Leave a Reply

Your email address will not be published.